Keselamatan Transportasi Pada Pengendara Sepeda Motor yang Mengalami Kecelakan Lalu Lintas di Kota Luwuk
Overview of Transportation Safety for Motorcyckers who Experience Traffic Accidents in Luwuk City
DOI:
https://doi.org/10.51888/jpmeo.v3i2.301Keywords:
Safety riding, keselamatan transportasi, kecelakaan lalu lintasAbstract
Kecelakaan lalu lintas jalan dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang cukup besar kepada korban, keluarga mereka,dan untuk negara secara keseluruhan. Kerugian ini timbul dari biaya pengobatan termasuk rehabilitasi dan penyelidikan insiden serta mengurangi/kehilangan produktivitas (misalnya upah) untuk mereka yang meninggal atau dinonaktifkan oleh cedera mereka, dan untuk anggota keluarga yang perlumen gambil waktu libur kerja atau sekolah untuk merawat yang terluka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran keselamatan transportasi pada pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan lalu lintas di Kota Luwuk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan data sekunder pada pengendara yang mengalami kecelakan lalu lints di Kota Luwuk, berdasarkan pelaporan dari Satlantas Polres Kabupaten Banggai tahun 2021 – 2022 sebanyak 135 kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Keselataman Trasnportasi dalam kategori kurang baik sejumlah 100 % dimana yang melakukan safety riding sebesar 26 orang(19,3%) dan yang unsafety riding sebesar 109 orang (80,7%), kepatuhan lalu lintas sejumlah 100 pengendara melanggar aturan lalu lintas. Diharapkan keapada seluruh masyarakat agar terus memperhatikan keselamatan transportasi untuk menghindari risiko keselakaan lalu lintas.
Road traffic accidents can cause considerable economic losses to victims, their families, and to the country as a whole. These losses arise from medical costs including rehabilitation and incident investigation as well as reduced/lost productivity (e.g. wages) for those who died or were disabled by their injuries, and for family members who needed to take time off work or school to care for the injured. The aim of this research is to determine the description of transportation safety for motorbike riders who experience traffic accidents in Luwuk City. The type of research used is descriptive research with data collection using secondary data on drivers who experienced traffic accidents in Luwuk City, based on reports from the Banggai Regency Police Traffic Unit for 2021 - 2022 totaling 135 cases. The results of this research show that transportation safety in the poor category is 100%, where 26 people do safe riding (19.3%) and 109 people do unsafety riding (80.7%), traffic compliance is 100 drivers breaking the rules. traffic. It is hoped that the entire community will continue to pay attention to transportation safety to avoid the risk of traffic accidents.
References
Atkinson, (2004). Pengantar psikologi jilid 2. Terjemahan Widjaja Kusuma Batam: Interaksara.
Ariwibowo, R. 2013. Hubungan AntaraUmur, Tingkat Pendidikan,Pengetahuan, Sikap TerhadapPraktik Safety Riding Awareness Pada Pengendara Ojek SepedaMotor di Kecamatan Banyumanik.Semarang, (Online), Vol. 2, No. 1
Asep Fahza, 2019. Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Tol Surabaya – Gempol. Skripsi.
Azis,Rudi.,Asrul,2014. Pengantar Sistem Perencanaan Transportasi.Yogyakarta: Deepublish.
Data Polres Kab.Banggai, 2022. Tentang Kecelakaan lalu lintas.
Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, 2020. Tentang Korban Kecelakaan Lalu Lintas.
Godwin Tunde, A. T. (2012). Compliance with Road Safety Regulations AmongCommercial
Motorcyclists in Nigeria. Canadian Social Science,Vol.8
Haryono, 2010.Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Bus Kota) di KotaYogyakata.
Jurnal Transportasi. Vol 7 No 1 Juli 2010.
I Nyoman Asdiwinata, 2019. Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tingkat Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Lalu Lintas Banjar Bungan. Skripsi.
Pramitasari, 2014. Perbedaan Perilaku Safety Riding (Keselamatan Berkendara) Berdasarkan Karakteristik Siswa SMA Negeri 1Semarang Tahun 2013. Universitas Dian Nuswantoro.
Sari Setiarini, 2018. Gambaran Angka Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas di IGD RSI. Skripsi.
Sasambe, (2016). Kajian Terhadap Penyelesaian Pelanggaran PeraturanLalu Lintas Oleh
Kepolisian. Lex Crimen, Vol. V No. 1, 82-90
Tongko, Mirawati, et al. "Occupational Diseases in Female Workers in the Industrial World, Indonesia: Hazard Types and Exposure Mechanisms–Literature Review." Pharmacognosy Journal 16.1 (2024). DOI: 10.5530/pj.2024.16.38
WHO, (2020). Road Traffic Injuries. Retrieved May 12, 2020.
Ucho, J. T. (2016). Influence of Big Five Personality Traits and Locus of Control on Road Safety Rules Compliance Among Motorcycle Riders. Asia Pacific Journal of Education, Arts and Sciences, Vol. 3 No. 1, 1-9.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Mirawati Tongko, Bambang Dwicahya, Widyah Purnama Nursin, Maria Kanan, Mustakim La Dee

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.