Kepuasan Pengguna terhadap Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit menggunakan Metode Hot-Fit di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie

User Satisfaction with Hospital Management Information Systems using The Hot-Fit Method at RSUD dr. Hasri Ainun Habibie

Authors

  • Rosdiana Kaharu Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKES Bakti Nusantara
  • Basri Umar STIKES Bakti Nusantara
  • Maimun I. Bilondatu Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKES Bakti Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.51888/phj.v15i1.243

Keywords:

Rumah Sakit, SIMRS, Rekam Medis, metode hot-fit

Abstract

SIMRS adalah jenis penggunaan teknologi informasi yang bertujuan untuk meningkatkan layanan kesehatan. Di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie, SIMRS telah diterapkan dengan sukses selama dua tahun. Namun, SIMRS hanya digunakan pada Rawat jalan. Rawat inap masih dalam tahap pengembangan dan belum dievaluasi tahun lalu. Ini karena pembayaran SIMRS ke pihak ketiga telah beralih ke Pemerintah Provinsi, yang berarti tidak ada pelaporan rumah sakit yang diberikan kepada pihak ketiga. Dengan menggunakan metode HOT-FIT di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap SIMRS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, metode yang sering digunakan dalam penelitian ilmiah untuk menggambarkan dan menganalisis fenomena atau variabel tertentu dengan menggunakan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah petugas rawat jalan dan rekam medis di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie sebanyak 53 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa 91% responden setuju bahwa SIMRS mudah digunakan, 63% sering menggunakannya, dan 83% merasa nyaman. Sebanyak 80% setuju SIMRS mendukung kinerja individu dan 69% membantu pengambilan keputusan. Kualitas sistem SIMRS dinilai 74% responden mempercepat informasi dan lengkap, serta 69% menganggap data akurat. Kualitas informasi SIMRS dinilai 86% relevan dan efisien, 83% informatif, dan 66% lengkap. Saran pada penelitian ini yaitu diharapkan melakukan evaluasi sistem informasi manajemen rumah sakit di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie setiap tahunnya agar menjadi lebih baik untuk kedepannya. 

SIMRS is a type of use of information technology that aims to improve health services. At Dr. Hospital. Hasri Ainun Habibie, SIMRS has been implemented successfully for two years. However, SIMRS is only used in outpatient settings. Inpatient care is still in the development stage and had not been evaluated last year. This is because SIMRS payments to third parties have shifted to the Provincial Government, which means no hospital reporting is provided to third parties. By using the HOT-FIT method at RSUD dr. Hasri Ainun Habibie, the aim of this research is to determine the level of user satisfaction with SIMRS. This research uses a descriptive research method with a quantitative approach, a method that is often used in scientific research to describe and analyze certain phenomena or variables using quantitative data. The population in this study were outpatient officers and medical records at RSUD dr. Hasri Ainun Habibie as many as 53 people. The sample in this study was 35 people taken using a purposive sampling technique using the Slovin formula. Data collection was carried out using a questionnaire. The research results showed that 91% of respondents agreed that SIMRS was easy to use, 63% used it often, and 83% felt comfortable. As many as 80% agree that SIMRS supports individual performance and 69% helps decision making. The quality of the SIMRS system was assessed by 74% of respondents as making information fast and complete, and 69% considered the data to be accurate. The quality of SIMRS information is assessed as 86% relevant and efficient, 83% informative, and 66% complete. The suggestion in this research is that it is hoped to evaluate the hospital management information system at RSUD dr. Hasri Ainun Habibie every year to be better in the future.

References

Dewi, W. S., Ginting, D., & Gultom, R. (2021). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Di Instalasi Rekam Medis RSUP H. Adam Malik Dengan Metode Human Organization Technology Fit (HOT-FIT) Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 6(1), 73–82.

Erintan, S., Putra, D. H., Dewi, D. R., & Yulia, N. (2022). Tinjauan Pengelolaan Rekam Medis Menggunakan Teori HOT-Fit di Rumah Sakit Khusus Jiwa Soeprapto Bengkulu. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(4), 541–549.

Faigayanti, A. (2021). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di RSUD Besemah Kota Pagar Alam Tahun 2021. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang.

Nastiti, I., & Santoso, D. B. (2022). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di RSUD SLG Kediri dengan Menggunakan Metode HOT-Fit. Jurnal Kesehatan Vokasional, 7(2), 85–93.

Olivia, C. T., Putra, D. H., Dewi, D. R., & Fannya, P. (2023). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di Rumah Sakit Umum Daerah Sanggau Kalimantan Barat Menggunakan HOT-Fit Model. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(9).

Putri, R. M. (2022). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ( SIMRS ) Dengan Metode HOT-Fit di Rumah Sakit Ibu dan Anak ASIH Balikpapan. Universitas Islam Indonesia.

Published

2024-06-30

How to Cite

Kaharu, R., Umar, B., & Bilondatu, M. I. . . (2024). Kepuasan Pengguna terhadap Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit menggunakan Metode Hot-Fit di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie: User Satisfaction with Hospital Management Information Systems using The Hot-Fit Method at RSUD dr. Hasri Ainun Habibie. Jurnal Kesmas Untika Luwuk : Public Health Journal, 15(1), 1-7. https://doi.org/10.51888/phj.v15i1.243